//
you're reading...
Uncategorized

Sekilas Photovoltaic Cell..


Matahari merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat berlimpah di Indonesia. Dengan penyinaran matahari konstan sepanjang tahun selama 12 jam per hari, tentu ini merupakan salah satu sumber energi yang sangat potensial dikembangkan di negara kita. Disamping adanya ‘bahan bakar’ yang berlimpah ruah, tentu saja sumber energi ini sangat ramah lingkungan. Listrik dari sumber energi surya ini tentu saja akan sangat berguna untuk pemerataan listrik ke daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau saluran transmisi PLN.

Sekarang bagaimana kita bisa mengkonversi energi surya menjadi energi listrik..?? Yup, jawabannya adalah menggunakan photovoltaic cell.. kalau dilihat dari asal katanya photo : “cahaya” sedangkan voltaic: “menghasilkan tegangan”. Jadi kalau dari arti katanya “photovoltaic cell” berarti ‘sel yang menghasilkan tegangan listrik dari cahaya”, walaupun sebenarnya yang dihasilkan langsung bukanlah tegangan tetapi arus. Mengapa bisa arus yang dihasilkan?? Mari kita lihat..

Satu buah photovoltaic cell terbuat dari bahan dasar silicon yang dilapis kaca. -Silicon mudah sekali didapat di bumi ini dalam bentuk pasir silika- sehingga cahaya bisa menembus masuk. Ketika cahaya matahari menembus masuk ke dalam sel, partikel cahaya matahari yang disebut ‘photon’ juga ikut masuk. Partikel photon ini kemudian menumbuk electron bermuatan negative di atom silicon penyusun photovoltaic cell. Pada saat tumbukan, energinya photon ditransfer ke electron sehingga electron terlepas dari atom silikonnya. Karena setiap detiknya ada tak terhingga photon yang menumbuk, maka akan dihasilkan banyak sekali electron-elektron bebas. Electron bebas ini akan didorong keluar photovoltaic cell karena adanya medan listrik di dalam cell. Apabila photovoltaic cell ini kita hubungkan ke beban listrik, maka arus akan dapat mengalir ke beban. ..Energi matahari telah diubah secara langsung menjadi energi listrik..!!! Selama masih ada cahaya matahari yang masuk maka akan terus ada electron bebas yang mengalir ke beban.

Satu buah photovoltaic cell sebenarnya terlalu kecil untuk menghasilkan energi listrik. Satu buah photovoltaic cell hanya menghasilkan sekitar 0.5V, jadi untuk menghasilkan tegangan 18V biasanya panel photovoltaic tersusun dari 36 buah photovoltaic cell yang disusun seri. Selain itu biasanya juga 36 buah cell tersebut juga disusun parallel dengan 36 buah cell yang lain supaya arus total yang dikeluarkan oleh satu buah panel photovoltaic cukup besar. Untuk menghasilkan daya yang lebih besar lagi, sejumlah banyak panel photovoltaic disusun menjadi array sehingga bisa melayani keperluan listrik yang cukup besar.

demi lingkungan yang hijau.. –arwindra-

Ref.
Anonimous, Photovoltaic (PV) Tutorial.pdf

Image Courtesy of
1. http://www.clean-energy-ideas.com
2. http://www.reihk.com
3. http://www.solarnavigator.net

About angin165

Pria, Indonesia, muda, lajang, belum mapan.

Discussion

5 thoughts on “Sekilas Photovoltaic Cell..

  1. Keren. Kapan akan bisa diaplikasikan untuk umum ya? Tapi berarti cuman siang hari dong ada listriknya, klo malem?

    Posted by arifromdhoni | May 19, 2008, 9:55 am
  2. suatu sistem yang menggunakan panel surya biasanya harus memakai baterai untuk menopang sistem ketika tidak ada cahaya matahari. akibatnya daya dari panel surya harus lebih besar dari kebutuhan yang harus dilayani supaya ketika ada cahaya matahari, panel surya bisa melayani beban sekaligus mengisi baterai rechargeable..

    Posted by angin165 | May 19, 2008, 6:06 pm
  3. tapi win…….
    walaupun potensi matahari indonesia sangat besar, tapi indonesia juga termasuk negara berawan. jadinya, sinar matahari yang jatuh ke permukaan intensitasnya kurang banyak juga…

    jadi potendi penggunaan photovoltaic harus dikaji ulang efektivitasnya..apalagi harga solar panel mahal pisan…

    CMIIW

    Posted by rifqie | May 27, 2008, 2:03 pm
  4. kok blm ada postingan baru?

    Posted by rifqie | June 27, 2008, 12:02 pm
  5. bisa dibuat ga sih sumber yang bisa memancarkan foton seperti matahari kemudian digunakan di solar cell ?
    semacam matahari buatan kayak di spiderman 2 yang musuhnya DR Octopus itu..

    Posted by mrfajarsyah | July 11, 2008, 10:06 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

visitors

  • 38,408 hits
%d bloggers like this: